17 Februari 2023 9:34 am

Kampus Swasta Terbaik di Yogyakarta

Kampus Swasta Terbaik di Yogyakarta

Kamu ada rencana atau pengen kuliah di Jogja? Ini lho daftar kampus swasta terbaik di Yogyakarta berdasar pemeringkatan UniRank 2022.


Siapa yang tidak tahu Daerah Istimewa Yogyakarta ? Sebuah provinsi yang berada diantara Jawa Tengah dan Jawa Timur. Setiap masa liburan tiba, banyak wisatawan mancanegara maupun lokal yang menjadikan DIY sebagai tujuan untuk menghabiskan waktu liburan, entah bersama keluarga maupun untuk healing seorang diri. Alasannya sudah pasti karena banyak tempat wisata menarik yang ada di DIY. Mulai dari Tugu Jogja, Malioboro, Alun-alun, pantai di Kabupaten Bantul maupun Gunungkidul pasti selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Selain dikenal dengan wisata budayanya, Yogyakarta juga dikenal sebagai Kota Pelajar karena setiap tahunnya ada ribuan mahasiswa baru yang datang untuk belajar dan kuliah di kota ini. Nhah, karena itulah Yogyakarta identik dengan sebutan kota pelajar. Lebih dari 100 perguruan tinggi ada di kota ini, baik negeri maupun swasta.

Pada tahun 2022, UniRank menerbitkan daftar kampus swasta terbaik di Yogyakarta. Ada 3 kriteria yang dinilai dalam pemeringkatan ini, yakni telah diakui dan terakreditasi oleh Lembaga Pendidikan Tinggi Indonesia, menawarkan pendidikan jenjang S1 atau pendidikan jenjang S2 maupun S3, serta memberikan pembelajaran baik dalam format tatap muka maupun daring.
Nah, berikut ini adalah 10 besar kampus swasta terbaik yang ada di Jogja berdasarkan pemeringkatan UniRank 2022.

  1. Universitas Islam Indonesia.
  2. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
  3. Universitas Ahmada Dahlan.
  4. Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
  5. Universitas Sanata Dharma.
  6. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.
  7. Universitas Kristen Duta Wacana.
  8. Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
  9. Universitas AMIKOM Yogyakarta.
  10. Universitas Alma Ata Yogyakarta.

Dari daftar di atas, ada lho satu universitas yang didirikan langsung oleh Bapak Pendidikan Nasional. Teman-teman tahu kan siapa Bapak Pendidikan kita? Beliau adalah Raden Mas Soewardi Soerjaningrat atau yang lebih dikenal dengan nama Ki Hadjar Dewantara. Pada tahun 1922, beliau mendirikan sebuah perguruan yang bercorak nasional yang diberi nama Sekolah Taman Siswa yang sekarang lebih dikenal sebagai Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST Yogyakarta). Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa sendiri mulai berdiri pada tahun 1955 dan sekarang menjadi salah satu universitas swasta terkemuka di Yogyakarta. Banyak Program Studi yang sudah terakreditasi Unggul dan A yang ditawarkan oleh Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Teman-teman tertarik untuk melanjutkan kuliah di kampus yang didirikan oleh Bapak Pendidikan Nasional kita?
Yuk cek info pendaftarannya.



Artikel Lainnya