24 Maret 2023 10:24 am

Jurusan Populer dengan Prospek Kerja Menjanjikan

Jurusan Populer dengan Prospek Kerja Menjanjikan
Salam dan Bahagia.

Bagi siswa yang sudah lulus SMA dan ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya pasti pernah bingung untuk memilih jurusan apa yang akan diambil. Mungkin untuk yang sudah kenal dengan minat dan bakat mereka masing-masing tentu tidak akan bingung untuk memilih jurusan. Nah, bagi teman-teman yang masih bingung jurusan apa yang akan diambil, mimin akan memberi info jurusan popular dengan prospek kerja yang menjanjikan. Simak ya..

1. Manajemen
Manajemen adalah jurusan yang mempelajari mengenai bagaimana mengelola suatu perusahaan atau organisasi. Manajemen berfokus pada kegiatan mengelola, merencanakan, dan mengatur semua proses dalam perusahaan untuk mencapai tujuan. Lulusan manajemen banyak dibutuhkan dalam suatu perusahaan karena kemampuannya untuk mengelola perusahaan, oleh karena itu lapangan pekerjaan bagi lulusan ini sangat terbuka lebar.

2. Akuntansi
Bagi kalian yang berminat dengan angka, jurusan ini akan sangat cocok dengan kalian karena akuntansi sangat dekat dengan angka, khususnya segala sesuatu yang terkait dengan keuangan. Meskipun begitu, jurusan akuntansi juga mempelajari tentang manajemen, perpajakan, sistem informasi, serta pengauditan. Para lulusan akuntansi dibutuhkan oleh perusahaan karna akan bertindak sebagai orang yang akan mencatat dan Menyusun laporan keuangan yang akan membantu pemangku kepentingan dalam proses pengambilan keputusan.

3. Psikologi
Jurusan psikologi adalah salah satu bidang keilmuan yang mempeajari tentang manusia, tidak hanya sebatas perilakunya saja namun juga mempelajari jiwa yang mempengaruhi Tindakan tersebut. Selain menjadi psikolog, lulusan psikologi juga dapat bekerja di perusahaan sebagai Human Resource Development yang akan bertugas untuk mengelola Sumber Daya Manusia.

4. Teknik
Jurusan kuliah popular berikutnya adalah teknik. Jurusan teknik menerapkan ilmu teknologi dan matematika untuk menyelesaikan permasalahan manusia dengan mengaplikasikan ilmun matematika dan sains untuk mendesain, membangun, dan membuat semua hal menjadi lebih mudah. Beberapa contoh jurusan teknik adalah Teknik Informatika, Teknik Industri, Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Kimia, Arsitektur, dan masih banyak lagi. Dengan banyaknya jurusan di atas, kalian bisa memilih jurusan teknik yang paling cocok dengan minat dan bakat kalian.


5. Ilmu Pendidikan
Melansir laman Niche, ilmu pendidikan merupakan salah satu jurusan kuliah yang terkenal. Ilmu pendidikan adalah jurusan yang menyiapkan lulusannya untuk menjadi tenaga pendidik atau guru.
Bagi kalian yang memiliih jurusan ini, kalian akan mempelajari semua hal terkait tugas utama menjadi seorang guru, mulai dari cara berkomunikasi, kemampuan observasi dan analisis, cara berpikir sistematis, hingga manajerial. Jurusan ini sangat dibutuhkan karena pendidikan tidak akan berhenti dan akan terus berkembang.


6. Biologi
Teman-teman yang memiliki nilai bagus di pelajaran biologi, kalian bisa memilih jurusan biologi. Jurusan ini bisa membantu teman-teman yang sangat suka dengan penemuan-penemuan baru yang bermanfaatn bagi manusia. Seperti yang telah kalian pelajari di sekolah, juruan biologi akan mempelajari tentang sel, mikroorganisme, tumbuhan dan hewan, serta mengeksplorasi konsep-konsep evolusi, ekologi, genetika, dan bioetika.


7. Ilmu Politik
Ilmu politik mengkaji gelaja maupun fenomena sosial politik sehingga mampu menerapkan teori ilmu politik untuk menawarkan solusi dari pemasalahan sosial politik. Lulusan ilmu politik memiliki wawasan yang luas terhadap isu politik nasional maupun global. Lulusan ilmu politik dapat bekerja sebagai jurnalis di bidang politik, anggota legislative, maupun diplomat.


8. Ilmu Komunikasi
Ilmu komunikasi juga cukup terkenal karena jurusan ini akan mempelajari proses penyampaian informasi secara efektif agar informasi tersebut dapat diterima oleh banyak kalangan dengan baik. Prospek kerja lulusan ilmu komunikasi sangat luas, yaitu humas, penyiar, jurnalis, salesperson, sampai creator konten.

Nah, itulah beberapa jurusan popular yang dapat menjadi pertimbangan teman-teman dalam menentukan pendidikan lanjut kalian. Kalau teman-teman tertarik untuk memilih salah satu jurusan di atas, kalian bisa cek di web PMB UST Jogja atau klik link di bawah ini.


Artikel Lainnya