9 Maret 2023 8:55 am

Tips Siap Ujian Sekolah dan Ujian Nasional

Tips Siap Ujian Sekolah dan Ujian Nasional
Salam dan Bahagia.

Halo teman-teman kelas XII, sebentar lagi sudah akan dihadapkan dengan berbagai ujian ya? Ada Ujian Sekolah, Ujian Nasional, Ujian Masuk Perguruan Tinggi dan sebagainya. Nah, sebelum teman-teman memasuki masa-masa ujian, pasti banyak yang harus disiapkan agar lancar ujiannya dan mendapat hasil terbaik. Mimin punya tips dan trik agar teman-teman siap dan bisa lulus ujian dengan hasil yang memuaskan, yuk simak sama-sama.

1. Mereview materi-materi dari kelas X sampai XII
Hal pertama yang bisa dilakukan adalah mereview materi pelajaran yang sudah diterima, mulai dari kelas X sampai kelas XII. Teman-teman bisa membuat jadwal sendiri untuk tiap mata pejaran, misal hari Senin pelajaran Biologi dan Bahasa Indonesia, Selasa Matematika dan Bahasa Inggris, dan seterusnya. Kalau dirasa kurang, teman-teman bisa memakai hari minggu yang mungkin di hari tersebut tidak banyak kegiatan. Tapi harus diingat jangan sampai terlalu sibuk belajar sampai lupa istirahat lho.

2. Membuat kisi-kisi materi
Yang kedua, teman-teman bisa membuat catatan atau kisi-kisi materi dari hasil review ulang yang sudah dilakukan. Jadi Ketika teman-teman mereview materi, teman-teman bisa mencatat atau merangkum materinya ke dalam buku catatan agar kedepannya teman-teman bisa belajar dari hasil rangkuman materi tersebut, jadi lebih memudahkan teman-teman dalam mengingat pelaharan.

3. Hindari stres
Pasti teman-teman pernah yang namanya capek atau bosen belajar terus tiap hari kan. Nhah, jika teman-teman sudah merasa capek atau bosen, teman-teman bisa berhenti dulu, teman-teman bisa refreshing dulu melakukan hal-hal yang teman-teman suka, misal main game, hangout sama teman-teman, liburan sama keluarga, olahraga, dan sebagainya. Jadi sebisa mungkin teman-teman harus bisa memanajemen stres, jangan sampai kecapekan belajar.

4. Jangan pernah belajar h-1 ujian
Teman-teman pasti pernah kan belajar hanya Ketika akan tes atau ujian saja? Jangan dilanjutin ya, karna itu tidak baik, karena teman-teman jadi tidak fokus untuk memahami pelajaran jika semua materi dipelajari h-1 ujian. Belajar dengan cara seperti itu akan membuat badan terasa Lelah dan malah membuat otak kita tidak fit untuk menerima semua materi. Apalagi kalau teman-teman belajar sampai larut malam, bisa-bisa waktu ujian teman-teman jadi tidak fokus karna badan lelah dan mengantuk.
5. Menjaga Kesehatan
Ini yang juga tidak boleh dilewatkan teman-teman. Disamping belajar, teman-teman juga harus menjaga kesehatan dengan cara berolahraga, makan teratur, dan istirahat yang cukup agar ketika sudah dekat waktu ujian teman-teman tetap dalam kondisi prima.

Nah, itulah beberapa tips dari mimin agar teman-teman siap menghadapi ujian dan bisa lulus dengan hasil yang memuaskan. Semoga bermanfaat ya, Salam.

Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
Artikel Lainnya