5 April 2023 8:28 am

7 Hal yang Harus Kamu Persiapkan di Akhir Masa Sekolah

7 Hal yang Harus Kamu Persiapkan di Akhir Masa Sekolah
Salam dan Bahagia.
Teman-teman SMA atau SMK kelas XII sudah memasuki akhir masa sekolah, pasti banyak cerita selama masa sekolah, baik yang sedih maupun gembira. Masa-masa sekolah memang meyisakan kenangan yang akan teman-teman ingat sampai kapanpun, tetapi disamping mengenang cerita masa lalu, teman-teman harus menyiapkan diri setelah lulus sekolah. Mimin ada hal yang harus kalian persiapkan di akhir masa sekolah agar kedepannya kalian lebih siap menghadapi pilihan kalian masing-masing. SImak ya


1. Buat rencana masa depan
Sebelum mengakhiri masa sekolah, buatlah sebuah rencana untuk masa depanmu. Tentukan tujuanmu, baik itu kuliah atau bekerja, dan mulailah mencari informasi tentang bagaimana cara untuk mencapainya.
2. Jaga kesehatan Menjelang akhir masa sekolah, jangan lupakan kesehatanmu. Makanlah makanan sehat, tidurlah cukup, dan hindari stress agar kamu bisa tetap produktif dan sehat.
3. Manfaatkan waktu sebaik-baiknya Jangan sia-siakan waktu yang tersisa di masa sekolah. Manfaatkan waktu tersebut untuk memperdalam pengetahuanmu, mempersiapkan diri untuk ujian-ujian, atau membuat persiapan untuk kehidupan setelah sekolah.
4. Jalin relasi Jalin hubungan baik dengan teman dan guru-gurumu. Hubungan ini akan membantumu di masa depan ketika kamu memerlukan bantuan atau networking.
5. Fokus pada tujuanmu Tetap fokus pada tujuanmu dan jangan terlena dengan hal-hal yang kurang penting. Pastikan bahwa setiap tindakanmu membawa kamu lebih dekat kepada tujuanmu.
6. Bersyukurlah Bersyukurlah atas semua hal yang kamu dapatkan selama masa sekolah ini, baik itu pengetahuan, pengalaman, atau relasi. Jangan lupa untuk mengucap syukur pada orang-orang yang telah membantumu selama ini.
7. Jadilah pribadi yang mandiri Siapkan dirimu untuk menjadi pribadi yang mandiri dan siap untuk mengejar tujuan-tujuanmu. Berani mengambil risiko dan bertanggung jawab atas keputusanmu sendiri.

Yuk persiapkan dirimu untuk menghadapi hari esok. Kalau kalian berkeinginan untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat perguruan tinggi, teman-teman bisa cek Penerimaan Mahasiswa Baru di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. Cek infonya dengan klik tombol di bawah ya.

Artikel Lainnya