17 Maret 2023 10:43 am

Lulus SMA mau ngapain sih?

Lulus SMA mau ngapain sih?
Salam dan Bahagia.
Halo teman-teman Putih Abu-abu, kalian pasti pernah kan entah sengaja atau nggak sengaja kepikiran besok kalo sudah lulus SMA mau ngapain. Mungkin ada yang berpikir lanjut kuliah atau langsung kerja aja ya. Dalam artikel ini mimin akan berbagi cerita, apa saja yang bisa dilakukan jika kalian sudah lulus SMA.

1. Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi
Demi menggapai cita-cita, tentu teman-teman yang sudah lulus SMA pasti akan melanjutkan studi lebih lanjut sesuai dengan jurusan masing-masing. Banyak teman-teman SMA yang sudah mempersiapkan diri jauh sebelum mengikuti ujian nasional maupun ujian masuk perguruan tinggi demi dapat diterima di perguruan tinggi terbaik. Dengan melanjutkan kuliah, akan memperbesar peluang teman-teman untuk dapat diterima di pekerjaan yang sudah mereka cita-citakan.

2. Langsung Kerja atau membuka usaha sendiri
Mungkin ada beberapa dari teman-teman yang tidak berkeinginan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dan lebih memilih untuk langsung bekerja atau membuka usaha sendiri. Teman-teman lulusan SMK yang sudah memiliki keahlian di suatu bidang bisa langsung melamar pekerjaan yang sesuai bidang mereka masing-masing ataupun dapat membuka usaha sendiri. Tetapi tidak menutup kemungkinan teman-teman lulusan dari SMA juga ada yang langsung bekerja atau memulai usaha sendiri dengan kemampuan yang sudah mereka miliki.

3. Menunda kuliah untuk mengikuti pelatihan
Beberapa ada yang memilih untuk menunda melanjutkan pandidikan tinggi dengan mengikuti pelatihan-pelatihan untuk menambah kemampuan mereka. Pelatihan yang bisa diikuti pun beragam, contoh kecilnya adalah pelatihan bahasa asing, karena ingin mencari beasiswa kuliah di luar negeri. Atau alasan lainnya karna memang ingin mengambangkan bakat dan keterampilan yang tidak didapat Ketika sekolah dulu.

Nah, itulah beberapa rencana yang bisa dilakukan setelah teman-teman sudah lulus SMA. Apapun pilihan teman-teman harus ada niat agar cita-cita kalian bisa terwujud. Jika teman-teman berniat untuk melanjutkan perkuliahan, yuk mimin ikut cek info pendaftaran mahasiswa baru di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. Klik tombol di bawah ya.



Artikel Lainnya