18 April 2023 10:31 am

Persiapan Sebelum Memilih Jurusan Kuliah

Persiapan Sebelum Memilih Jurusan Kuliah
Salam dan Bahagia.

Teman-teman yang sudah lulus SMA atau SMK pasti ada rencana untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Nhah, sebelum teman-teman memutuskan kemana akan melanjutkan pendidikan, mimin punya tips sebelum teman-teman memilih jurusan nanti. Simak ya.
1. Pengetahuan tentang diri sendiri
Kenalilah minat dan bakatmu, serta kepribadianmu. Nantinya hal tersebut yang harus kamu selaraskan dengan jurusan yang akan kamu ambil.
2. Informasi tentang jurusan
Ketahui informasi tentang bidang studi yang ingin diambil, seperti prospek kerja, materi kuliah, jenjang karir, dll. Di UST sendiri banyak prodi unggul yang sejalan dengan dunia kerja.
3. Riset Universitas
Pelajari dan bandingkan universitas atau institut yang menyediakan program studi yang diminati. Masing-masing universitas memiliki keunggulan, UST sendiri menerapkan ajaran Tamansiswa secara langsung yang menjadi keunggulan dibanding kampus lain.
4. Konsultasi dengan guru atau konselor
Mintalah saran dan masukan dari guru atau konselor mengenai pilihan jurusan kuliahmu.
5. Persiapkan persyaratan pendaftaran
Persiapkan dokumen yang dibutuhkan untuk mendaftar ke universitas.
6. Lakukan tes atau wawancara
Beberapa universitas atau institusi mengharuskan pelamar mengikuti tes atau wawancara sebagai bagian dari proses seleksi.
7. Buat rencana studi
Tentukan bagaimana cara belajar yang tepat dan buatlah rencana studi untuk mencapai tujuan akademikmu.

Itulah tadi tips dari mimin untuk teman-teman sebelum memilih jurusan. Sudah tahu mau melanjutkan pendidikan dimana? Yuk ikut mimin kuliah di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, daftarkan dirimu ya...

Artikel Lainnya